#Langkah1 Ketika Aku Jatuh Cinta

Bissmillahirrahmanirrahim.
Tema ini menjadi salah satu favorite saya, dan tulisan ini saya tulis berdasarkan ceramah dari Ustadz Nurul Dzikri.Lc. Insya Allah tulisan ini akan ada 6 part.
Semoga bermanfaat :-)

Flower blossom
Allah mengatakan, bahwa Dia telah memberikan sebuah perasaan kedalam diri kita agar tertarik dengan syahwat. Dan syahwat yang disebut pertamakali adalah Nisa' (wanita). Dan pemahaman terbalik, begitu juga wanita ke laki-laki. Dan Allah menyebutkan hal ini terlebih dahulu sebelum menyebutkan peusahaan, anak-anak, dan kendaraan.
Oleh karena itu, jatuh cinta adalah sebuah perasaan yang "wajar".
Namun, bagaimana kita menyikapinya?

Ketika Aku Jatuh Cinta.
Langkah pertama yang harus kita lakukan, ketika kita suka atau simpatik dengan seseorang di kampus kita, atau di tempat kerja kita, di sekolah, di lingkungan pengajian, atau sesama aktivis dakwah. Dan ketika kita lihat sepak terjangnya, ibadahnya, sholatnya, akhlaknya, tutur katanya yang lembut, lalu tumbuhlah benih-benih cinta di hati kita.

Maka langkah pertama yang dilakukan adalah,

Langkah 1 ketika jatuh cinta, Hubungi Allah,
bukan hubungi orangtua. (Orang tua dihubungi kalau mau ngelamar aja hehehe..)
Tidak ada pihak yang lebih baik dari Allah. Ini kalau kita ingin bahagia, ini kalau kita ingin serius, dan ini kalau kita ingin mendapatkan keberkahan di dunia dan akhirat.
Ketika perasaan itu timbul, hubungi Allah SWT. Bukan hubungi teman,bukan curhat dengan sahabat, bukan minta nomor telepon, apalagi nomor sepatu, ini tidak ada hubungannya.

Masalah cinta merupakan masalah yang besar, menyangkut masa depan kita. Menyangkut rumah tangga kita. Menyangkut bukan hanya diri kita namun keluarga besar kita. Juga menyangkut anak-anak dan keturunan kita di masa mendatang insyaAllah.
Maka, ketika jatuh cinta.. kembalilah kepada Allah. Hubungi Allah SWT.. Kenapa demikian? karena Allah berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 216 :


Dan bisa jadi yang dibenci itu yang terbaik buat kita. Dan bisa jadi yang dicintai itu buruk buat kita. Hanya Allah lah yang tahu.

Bisa jadi, laki-laki yang kita kagumi itu tidak bagus untuk kita,bisa jadi akhwat yang di depan kita mempesona itu ternyata racun untuk kehidupan kedepan kita. Tidak ada yang mengetahui kecuali Allah.
Allah Yang Maha Tahu.
Segera hubungi Allah, doa kepada Allah. Karena Allah yang paling tahu siapa sosok yang paling baik untuk mendampingi kita dimasa mendatang.
Allah berfirman dalam surat Al An'am ayat 59 :


Maka, jangan tau dan sok pintar ketika jatuh cinta. Ingat, ketika kita kita jatuh cinta, semua tidak normal, semua tidak stabil.
Ulama mengatakan, "mata ini kalau tidak suka, semua salah". Dia mau senyum apalagi cemberut, salah semuanya.
"Dan mata ini kalau sudah jatuh cinta, semuanya baik". Semua ada tafsirnya, semua ada justifikasinya. Ini bahaya. Jangan mengandalkan diri kita ketika kita sedang jatuh cinta. Kembalilah kepada Allah.
Inilah yang dilupakan oleh mayorits orang yang sedang jatuh cinta. Mereka mengandalkan diri, dan akhirnya kecewa, akhirnya kandas.

Sahabat semuanya.. kita mengharapkan hubungan yang panjang, kita harapkan hubungan dunia dan akhirat. Buat apa kita jatuh cinta, lalu satu bulan berikutnya kita di khianati oleh dia? Buat apa jatuh cinta kalau 3 bulan kemudia kita ditipu oleh dia? Buat apa jatuh cinta kalau 2 tahun setelah menikah divorce dengan dia? Tidak ada gunanya. Akhirnya waktu terbung sia-sia dan percuma.
Yang tau itu Allah. Bisa jadi hari ini baik, minggu depan baik, tahun depan masih baik, tapi kejadian terjadi di tahun ke 15 atau 20. Ini hal simple. Tapi dilupakan oleh manusia. Allah mengatakan, "yang dzalim dan bodoh, tapi sok tahunya luar biasa".
Oleh karena itu, ketika kita jatuh cnta, segera hubungi Allah SWT. Doa kepada ALLAH. Istiqarah.


-bersambung-
#Langkah2

No comments:

Post a Comment